Senin, 17 Januari 2022, WIB


Sejarah ITB Semarang di mulai tahun 1973.  Awal berdirinya dengan nama Akademi Akuntansi dan Keuangan (AKA) Wika Jasa yang berdiri pada tanggal 23 Februari tahun 1974. Saat itu AKA Wika Jasa berlokasi di Jalan Pawiyatan Luhur Bendan Ngisor, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Setelah beberapa tahun berdiri, kemudian AKA WIKA JASA bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang, yang berdiri pada tanggal 3 Agustus 2009 di Jalan Ki Mangun Sarkoro Semarang, dan Kemudian pindah ke Jalan Citarum Raya No. 44 Semarang yang di naungi oleh Yayasan Tri Mulia Utama Semarang.

Pada Tahun 2019 tepatnya bulan Desember STIE AKA menempati gedung baru di jl. Jenderal Sudirman No 346 Semarang. Gedung baru tersebut merupakan gedung milik sendiri sehingga mahasiswa tidak perlu kuatir lagi akan pindah pindah kampus.

Pada 31 Januari 2020, SK No 133/M/2020 tentang perubahan STIE AKA Semarang menjadi Institut teknologi dan bisnis (ITB) Semarang telah resmi turun. Dengan berubah bentuk menjadi ITB Semarang maka program studi bertambah satu, S1 Sistem dan Teknologi Informasi. Sehingga ITB Semarang memiliki tiga prodi yaitu S1 Manajemen S1 Akuntansi S1 Sistem dan Teknologi Informasi