Minggu, 17 Oktober 2021, WIB

Rabu, 15 Sep 2021, 11:31:46 WIB, 126 View Rahmat Maryuni, Kategori : Kerjasama

Sebanyak 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Idaman (P2TSI) melakukan penandatanganan nota kesepakatan  atau Memorandum of Understanding (MoU), Sabtu (11/9/2021).

Ketua Paguyuban  P2TSI, yang juga Wakil Rektor II Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Dr. Sudarman, SE., M.M., AK, CA., CPA mengatakan, berdirinya paguyuban ini menjadi kebutuhan bersama dan bisa memajukan lembaga masing-masing. ‘’Paguyuban ini bisa menjadi wadah untuk bersama-sama menghadapi tantangan ke depan dengan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi.

Dr Sudharman yang merupakan inisiator dan koordinator kerjasama 12  PTS ini mengatakan, MoU diharapkan akan lebih memajukan dan menguatkan antar Perguruan Tinggi.

Adapun yang melakukan MoU adalah Universitas AKI Semarang (UNAKI), Universitas Boyolali, STIE Assholeh Pemalang, STIMIK Bina Patria Magelang, STT Wiworotomo Purwokerto, STIE Surakarta, Stikes Mitra Husada Karanganyar, Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), STIE Dharma Putra Semarang, STIKES Pantiwiloso Semarang, dan ITB Semarang. Penandatanganan dilakukan di kampus UNAKI Semarang.

Kerjasama menurutnya, dalam bentuk pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi, diantaranya adalah  pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, pengabdian bersama dan menulis jurnal ilmiah bersama, seminar,  workshop, dan riset.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina P2TSI Prof Dr Y Sutomo MM mengucap syukur pada Tuhan YME karena dipertemukan dalam rapat penandandatangan MoU Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pimpinan PTD anggota P2TSI. ‘’Saya juga mengucapkan selamat bergabung pada STIE Dharmaputra Semarang dan STIKES Pantiwiloso Semarang pada P2TSI,’’ jelasnya.

Sesuai dengan panduan  MBKM, Perguruan Tinggi dituntut  paling lambatpada  Semester Gasal 2021-2022 ini melaksanakan  pembelajaran di luar Prodi di Internal PTS sebanyak 20 SKS dan pembelajaran di PTS lain dan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi) sebanyak 40 SKS.

‘’Untuk menyikapi pembelajaran di PTS dan DuDi kita wajib memfasilitasi mahasiswa dengan mengadakan MoU/PKS dengan mitra PTS,’’ jelasnya.

Adapun untuk aktivitas kebersamaan meliputi pertukaran mahasiswa, riset dan PKM, penulisan jurnal, seminar. Lokakarya, dan lomba karya inovasi ilmiah, serta olahraga dan seni mahasiswa, serta LKMM.

Dengan kerjasama ini diharapkan akan bisa meraih  tropy P2PTS dan sertifikat yang sangat bermanfaat untuk Akreditasi BAN-PT maupun LAM-PT

‘’Harapan saya  P2PTS ini sebagai wadah bersama untuk memperjuangkan nasib kita bersama,  maka mari kita rumuskan MoA sekali, serta kegiatan yang dapat ditindaklanjuti oleh LPPM mapun Program Studi di PTS masing-masing. Kerja sama dengan Universiti Tun Husein Onn Malaysia (UTHM) juga dapat di ditindaklanjuti,’’ jelasnya.





Tuliskan Komentar